Sabtu, 07 Oktober 2023


PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH MEMACUH PENGEMBANGAN MADRASAH DI MI NURUL HUDA LENGKONG CERME GRESIK

 Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) merupakan proses pengumpulan , pengolahan, analisis, dan interpretasi data yang dikerjakan oleh kepala madrasah pada setiap indikator pemenuhan standar.

 
Penilaian dilakukan secara berkala dalam periode tahunan dan empat tahunan.
Penilaian kinerja kepala madrasah MI Nurul Huda Lengkong Kecamattan Cerme Kabupaten Gresik dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 5 Oktober 2022, ditugaskan sebagai Tim Penilai adalah Bapak Mabrur, M.Pd dan Bapak Khofiyul Arif, S.Pd. dari Pengawas Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Gresik.
 
Penilaian kinerja kepala madrasah ada 4 hal yang harus dipenuhi sehingga dapat dianggap mencapai target untuk menduduki kembali jabatan sebagai kepala madrasah yakni tugas utama dan indikator kinerja, data yang diharpkan, bukti hasil kerja, skor dan cacatan.
 
Kinerja kepala madrasah, sebagaimana juknis, dinilai berdasarkan 4 komponen penilaian. Keempatnya terdiri atas empat tugas utama kepala madrasah meliputi :
1. Usaha pengembangan madrasah,
2. Pelaksanaan tugas managerial
3. Pengembangan kewirausahaan
4. Supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan
 
"Ke empat komponen itu yang harus dicapai oleh kepala madrasah dalam menjalankan kepemimpinannya"
 
Tujuan Penilaian Kepala Madrasah :
 
1. Menjaring informasi bahan pengambilan keputusan dalam penetapan efektif atau kurang efektifnya kinerja kepala madrasah;
2. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja kepala madrasah;
3. Menghimpun informasi sebagai dasar untuk pengembangan keprofesian berkelanjutan
4. Menjamin objektivitas pembinaan kepala madrasah melalui sistem pengukuran dan pemetaan kinerja kepala madrasah;
5. Menyediakan informasi sebagai dasar dalam sistem peningkatan promosi dan karier kepala madrasah serta bentuk penghargaan lainnya.
6. Menentukan nilai kinerja kepala madrasah sebagai dasar untuk penetapan angka kredit dan pengembangan keprofesioan berkelanjutan.
 
Manfaat Penilaian Kepala Madrasah : 
 
1. Kepala madrasah dapat mengetahui nilai kinerjanya selama melaksanakan tugas sebagai kepala madrasah dan menjadikan acuan untuk meningkatkan keprofesiannya secara mandiri maupun melalui sistem pembinaan.
2. Kepala madrasah dapat menggunakan hasil penilaian kinerja untuk merumuskan dan menyusun Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.
3. Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi dan Kantor Kementerian Agama kabupaten/kota dapat menggunakan hasil penilaian kinerja kepala madrasah sebagai dasar untuk menghimpun informasi, menentukan kebutuhan peningkatan kompetensi, data profil kinerja kepala madrasah di wilayahnya.
4. Kantor Kementerian Agama RI memperoleh data dan pemetaan mutu kinerja kepala madrasah secara nasional.
 
Ruang Lingkup Penilaian Kinerja Kepala Madrasah
 
1. Usaha Pengembangan Madrasah;
2. Pelaksanaan tugas manajerial;
3. Pelaksanaan tugas pengembangan kewirausahaan;
4. Pelaksanaan tugas supervisi pada guru dan tenaga kependidikan;
5. Hasil Kerja Kepala Madrasah (dinilai hanya pada periode akhir jabatan)
 


Bapak Endi, S.Pd.SD selaku Kepala MI Nurul Huda Lengkong Cerme Kabupaten Gresik berharap PKKM ini agar para pengawas selalu memberikan bimbingan dan pembinaan serta Pendampingan.
“Sebagai pendidikan dasar bagi anak dalam pembinaan dalam pengembangan karakter.
Kami berharap melalui PKKM ini para pengawas banyak memberikan bimbingan dan pembinaan pada kami sehingga apa yang menjadi kendala atau kekurangan kami dalam pembelajaran, mengingat MI adalah pendidikan dasar bagi anak dalam pembelajaran karakter"
MI Nurul Huda Lengkong Kecamatan Cerme kabupaten Gresik akan selalu berusaha lebih baik lagi. baik dalam administrasi maupun bidang lainnya, seperti prestasi kepala madrasah, guru dan peserta didik. Termasuk pelayanan terhadap peserta didik. Yang mana mereka wajib mendapatkan transfer ilmu dari para pendidik di MI Nurul Huda Lengkong Cerme Gresik.
 
Pada saat ini MI Nurul Huda Lengkong Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik yang berada di pelosok Desa dan pinggiran kota mempunyai peserta didik berjumlah 70 siswa dari kelas 1 – 6 (6 Rombel) Saat inii telah mengembangkan Pendidikan dengan memberikan pelayanan sarana prasarana terhadap peserta didik secara maksimal.
 
Madrasah yang mengikrarkan sebagai Madrasah Digital ini menerapkan Pembiasaan Pembelajaran Digital. Setiap Kelas telah dilengkapi Media Pembelajara TV Digital dan proses Pembelajaran dipantau langsung CCTV yang ada diruang kelas dan tersambung pada Server dan Smartphone Kepala Madrasah disamping itu setiap Meja Bangku siswa mulai kelas 4 – 6 sudah dilengkapi Computer (PC), sehingga Peserta Didik dapat mengakses langsung Materi pembelajaran yang disajikan oleh Guru pengajar.
 
Dengan ketersediaan fasilitas berupa jaringan Internet berkapasitas 20Mb, MI Nurul Huda Mempunyai jaringan Informasi Website Madrasah : https://minurulhudalengkong.sch.id/ Medsos IG dan Facebook : MI Nurul Huda Lengkong.
 
Sistem Kehadiran Siswa Mnggunakan Kartu Pelajar Digital yang bekerjasama dengan Jaringan IDN sehingga orang tua bisa memantau kehadiran anaknya di madrasah melalui Smartphone orang tua.
 
Dalam Bidang kewirausahaan, MI Nurul Huda Lengkong Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik mengembangkan dan menanamkan Pendidikan kemandirian terhadap peserta didiknya melalui :
 
1. Kegiatan Kunjungan Industri ke Perusahaan (MOU dengan Perusahaan PT Belirang Kalisari Pasuruan),
2. Kunjungan ke Dunia Usaha Pengerajin Pabrik sarung tenun yang ada di Desa Lengkong
3. Menanamkan usaha Kemandirian Jual Beli melalui kegiatan “NH Mart” (sebuah usaha jual beli kebutuhan pokok sembako bagi Masyarakat dengan harga dibawah pasaran toko yang ada disekitar Desa Lengkong / Operasi Pasar
4. Penanaman Perkebunan Sayur (Sawi dan Kangkung) yang ada dilahan MI Nurul Huda Lengkong
5. Berternak Budidaya ikan Lele pada Kolam Buatan (Terpal/Tandon Bekas)
Dengan Kegiatan Kewirausahaan ini diharapkan agar kelak peserta didik dapat hidup mandiri sebagai Enterpreneur Mandiri.
Besar harapan kami MI Nurul Huda Lengkong Cerme Bisa memberikan Pelayanan yang
terbaik
 
bagi dunia Pendidikan bagi warganya.
MI Nurul Huda Lengkong Cerme Gresik..
Madrasah Enterpreneur dan Digital
Hebat
 
Bermartabat
( Endi )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar